Bersama Indonesia Chapter Padang Hidupkan Dialektika Anak Muda Gelorakan Pemilu Damai 2024

INTONASI.ID -




PADANG– BersamaIndonesia Chapter Padang kembali melakukan aktivasi dengan menyelenggarkan diskusi publik terkait pemilu 2024 yang diadakan di Fabriek Bloc kota Padang, Rabu (7/2/24).

Mengusung tema "Partisipasi Aktif Anak Muda : Jaga Pemilu Dari Praktik Curang”, dibuka oleh koordinator BersamaIndonesia Chapter Padang Dafiq Naskar.

Dalam kesempatan tersebut, koordinator menyampaikan apresiasinya, terutama kepada anak muda yang tergabung dalam berbagai komunitas dan organisasi yang telah berkolaborasi dan ikut berpatisipasi dengan BersamaIndonesia untuk penyelenggaraan diskusi tersebut.

“Kita mengapresiasi gerakan bersama hari ini, yang merupakan kolaborasi kita anak muda dari berbagai komunitas dan organisasi yang ada,” ungkapnya. 

Dikatakan, diskusi yang merupakan agenda dalam meningkatkan peran dan partisipasi anak muda saat Pemilu kepada peserta yang hadir dari berbagai lintas komunitas di kota Padang dan sekitarnya, sangat penting guna memberi pemahaman yang baik, terutama tentang partisipasi anak muda dalam pencoblosan surat suara nantinya.

“14 Februari nanti pencoblosan, namun gerakan BersamaIndonesia bukan hanya untuk pesta demokrasi semata, lebih dari pada itu adalah untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda untuk gotong royong dalam mewujudkan visi besar keadilan sosial antar generasi ,” harapnya.

Kata koordinator chapter Padang ini, masih ada informasi simpang siur di masyarakat terkait pemilu 2024 ini, baik berita hoaks yang beredar.

Acara yang dihadiri ketua KPU Sumatera Barat ini pun dapat melihat sejauh mana partisipasi pemilih pada pemilu 2024 ini.

Ketua KPU menegaskan agar seluruh masyarakat yang sudah memiliki hak pilih agar dapat menyalurkan hak suaranya dengan baik dan tidak boleh golput.

“Mengambil segmen pemilih pemula dalam diskusi tersebut, karena untuk segmen tokoh-tokoh masyarakat dan komunitas lainnya sudah dilakukan oleh kami selaku penyelenggara pemilu, diskusi seperti ini sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda yang notabenenya menjadi 59,89% pemilih yang akan  tentu memberikan pengaruh besar" ucapnya.

Mewakili Jajaran KPU Sumatera Barat beliau berpesan agar terus menjaga Kondusifitas pemilu ini, jika ada hal-hal yang mencurigakan tentang pemilu silahkan dilaporkan ke Bawaslu terdekat.

“Pada momentum pesta Demokrasi nanti anak muda memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi mengenai proses dan ketentuan pemilu dan kewajiban pemilih,” tambahnya.

Diskusi publik yang dimoderatori Taufikul Hakim selaku PW PRIMA DMI Sumatera Barat menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Surya Efritmen selaku Ketua KPU Sumatera Barat,
. Hendri Gunawan (Perwakilan AMIN Muda Sumbar)
. Megri Fernando (TKD Prabowo Gibran)
. Aan Nofianda (TPD Ganjar Mahfud)

Diskusi berjalan dengan lancar dan suasana diskusi sangat hidup dikarenakan antusiasme peserta sangat tinggi dalam menggali ide dan pandangan dari masing-masing Narasumber terhadap tema diskusi tersebut

Fajar Septian (Kontributor)

0 Comments